apakah semua bid'ah itu sesat ?

Bid’ah, berbicara tentang bid’ah memang takkan ada batasnya . banyak faham2 baru yang memang menolak faham2 lama,misalnya maulid di bilang sesat,mendoakan mayat dibilang sesat, membaca tahlil dibilang sesat, baca sholawat dilarang,membaca qasidah dibilang sesat ,membaca yasin dibilang sesat ,semua dilarang dan dibilang sesat. Apa sih sebenarnya yang menjadikan faham-faham tersebut bisa bisanya mengatakkan sesat secepat itu tanpa berfikir panjang ? , intinya Cuma satu alasan yang ia punya yaitu “pada zaman nabi ga ada yag kaya gitu, dan yang namanya bid’ah itu semuanya buruk ga ada yang baik” kebanyakkan orang yang bilang bid’ah selalu mengatakkan hal seperti itu. Sebenarnya ada satu alasan untuk memecahkan dalih tersebut namun sebelum itu mari kita jelaskan
-maulid = kenapa maulid dibilang sesat, padahal apabila ga ada maulid mungkin kita ga akan tau sejarahnya nabi muhamad saw, karena didalam isi maulid apabila kita terjemahkan itu isinya tentang nabi Muhammad saw dari mulai dari dalam perut hingga kelahiran nabi, APAKAH ITU PERBUATAN YANG SESAT ? saya rasa tidak. Dan mungkin ada yang bilang Maulid itu cuma ngabis-ngabisin duit doang. padahal ia berani menghamburkan uang demi ulang tahun anaknya.
-mondoakan mayat = disini saya akan memberikan sedikit cerita tentang mendoakan mayat
            Do’a dan ando’a
Ando’a : (meledek) mas mas ko mayat di doain ,emangnya doa nyampe apa ke orang yg udah mati,
Do’a : (hanya tersenyum )
            Keesokkan harinya ayah dari si ando’a meninggal dunia kemudian datanglah do’a dengan memakai gamis dan wewangian harum seperti orang yang mau melayat, si do’a menghampiri mayat ayahnya ando’a
Do’a : (dengan suara yang jelas ) ya allah kumpulkan lah orang ini bersama dengan fir’aun dan satukanlah dngan iblis laknatullah, jauhkan lah dari syurga dan dekatkan lah orang ini pada neraka yang terdalam , aamiin
Ando’a : (panik marah dan kesal) loh loh mas kok doainnya kaya gitu
Do’a : kata nte kan do’a untuk orang mati ga akan sampai
Intinya kalo kalian masih mau bilang mengirimkan doa untuk si mayat adalah perbuatan sia sia, BERANIKAH ANDA MENDOAKAN SAUDARA ANDA YANG BARU MENINGGAL DUNIA DENGAN DOA2 YANG JELEK ? kalo anda takut itu tandanya anda percaya bahwa doa itu sampai pada orang yang sudah mati. INGAT
-tahlil =  tahlil itu adalah kalimat kalimat toyyibah, pujian2 manusia kepada allah, agar selalu mengingat allah dan membasahi bibir dengan kalimat toyibah bukan membasahi bibir dengan gibah dan mencaci maki, lantas apakah itu perbuatan sesat? jawabannya tidak
-membaca sholawat = ga usah jauh jauh, kita lihat aja didalam sholat pada tahyat terdapat kalimat sholawat, silahkan periksa sendiri kalo ga percaya, di al-qur’an juga mengatakan “sesungguhnya allah dan malaikat bersholawat kepada nabi, wahai orang2 yang beriman bersholawatlah kepadanya dan bersalamlah kamu semoga kamu diberi keselamatan “ , kita tebalkan kata wahai orang orang beriman bersholawatlah kepadanya
 nah lohh berarti orang orang yang ga baca sholawat berarti dia adalah orang yang ga beriman dong

 -membaca dan mendengarkan qasidah = kita ambil simpelnya aja yahh, tanyakan kepada diri kalian, cek di handphone kalian, apakah kalian menyukai lagu lagu band yang jelas jelas lahwun ( melupakan Allah), nah para kalanga ahlusunnah berpendapat, dari pada kita mendengarkan lagu yang lahwun, lebih baik kita mendengarkan atau membaca qasidah yang lantunan dan syairnya selalu mengingatkan kita kepada ALLAH

-membaca yasin dibilang sesat = halloo.. pikir dong pake otak, yasin adalah kitabullah , mengatakkan
membaca yasin dibilang sesat berarti dia telah menganggap alqur’an sesat karena yasin adalah sebagian dari kitabullah alqur’an bahkan rasulullah saw sendiri beliau mengatakan surah yasin adalah hatinya al-qur’an , yang namanya hati itu yang mencakupi seluruh tubuh karena hati lah yang menyalurkan darah ke seluruh tubuh, hati hati yang bilang membaca yasin sesat
 
Loh terus apa hubungannya, toh itu kan ga ada pada zaman rasulullah,,hadehh ini deh ane kasih penjelasannya , RASULULLAH SAW bersabda : barang siapa yang membuat kebiasaan baru berupa kebaikan maka baginya pahalanya dan pahala pengikutnya, dan barang siapa yang membuat kebiasaan baru berupa keburukan maka baginya dosanya dan dosa pengikutnya(HR.SHAHIH MUSLIM. HADIST NO.1017)
Jadi intinya adalah bid’ah itu terbagi dua yaitu bid’ah hasanah dan bid’ah dholala. jadi ga semua bid'ah itu sesat
SEBENARNYA SAYA LEBIH MEMILIH ISLAM YANG MENGHORMATI SATU SAMA LAIN BUKANNYA  MENGHINAKAN SATU SAMA LAIN. HAQ SEBENARNYA KAUM MUSLIM DARI DULU SAMPAI SEKARANG ADALAH BERSATU BUKANNYA BERCERAI BERAI SEPERTI INI, YANG TERPENTING DALAM ISLAM ADALAH 5 RUKUN ISLAM ,6 RUKUN IMAN, MENGIKUTI SYARI’AT , TARIQAH, HAKEKAT DAN KALAU UDAH BENAR BENAR MAKA ALLAH AKAN MEMBERIKAN JALAN UNTUK MENUJU TINGKAT MA’RIFAT DAN BUKANNYA UNTUK MEMBEDA BEDAKAN DAN MENGKULTUS UMAT ISLAM SATU SAMA LAIN
INGATLAH YAHUDI DAN NASRANI TIDAK AKAN PUAS SEBELUM MEREKA MELIHAT ISLAM HANCUR, YAHUDI DAN NASRANI AKAN SENANG MELIHAT KITA BERPECAH BELAH AKAN TETAPI YAHUDI DAN NASRANI AKAN KEBAKARAN JENGGOT JIKA KITA BERSATU
Kalo masih ada yang belum puas dengan catatan yang saya buat ini, silahkan anda datang untuk bertemu guru saya ALHABIB HASAN BIN JA’FAR ASSEGAF, beliau akan menjelaskan semuanya dengan mudah..

0 komentar:

Poskan Komentar